Ramah Tamah.. ...




Assalamu'alaikum :) .... selamat datang di BLOGnya Prihase Kartika Sari....... Kunjungi terus yya,,,n ikuti perkembangannya :D .. ...

Rabu, 02 Oktober 2013

Jaya Wayang


Salah satu contoh budaya indonesia yang terkikis adalah wayang atau lebih tepatnya kesenian pembuatan wayang.

Wayang adalah warisan budaya bangsa yang tidak ternilai harganya. Karena dalam wayang tersebut terdapat sebuah nilai seni dan cerita (history). Wayang merupakan ciri khas dari budaya Jawa  dan sebagai kesenian khas Jawa.

Di era global sekarang ini, mainan anak – anak bukan lagi wayang, melainkan kemajuan teknologi di bidang gadget seerti handphone, tab, laptop dan lain sebagainya. Wayang sudah tidak lagi mendunia. Justru semakin hilang ditelan perkembangan jaman. Bahkan nama wayang pun sudah jarang kita dengar.

Jarang sudah orang berlomba – lomba memproduksi wayang. Dikarenakan harga wayang tidak bisa melejit atau melambung tinggi sebanding dengan hasil akhirnya, tingkat pengerjaannya pun sulit, dan waktu yang digunakan untuk memproduksi satu wayang berkisar antara satu minggu hingga tujuh bulan. Lama bukan? Serta bahan baku pembuatan wayang yakni kulit kerbau pun sudah sulit didapat.

Dimana wayang terbuat dari kulit kerbau, yang sekarang kulit kerbau susah didapatkan. Dan teknik pembuatannya menggunakan peralatan dari besi, cat, grenjeng, lem, dan gapit. Besi berujung runcing berbahan dari baja berkualitas baik. Besi baja pun terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran, ada yang runcing, pipih, kecil, besar dan bentuk lainnya yang masing – masing mempunyai fungsi yang berbeda – beda. Peralatannya  yang sekarang pun jarang bisa di dapatkan dengan mudah oleh pengrajin wayang.

Dan untuk mengatasi kelangkaan wayang ini, kami sebagai anak teknik industri khususnya saya sendiri. Akan mengatasi krisis budaya kita. Yaitu dngan membuat wayang dari kemajuan teknologi. Pengerjaannya pun lebih mudah dan waktu serta tenaga pun lebih sedikit dibandingkan dengan pengerjaan oleh seseorang.

Kualitas dan kuantitas akan sebanding. Sehingga kita bisa dengan mudah memenuhi pesanan wayang. Wayang yang dihasilakan pun juga beragam. Dari yang orisinil atau seperti aslinya atau dengan pengubahan desain ole h anak teknik industry. Kita bisa mendesain wayang dari autocad, katian, atau software lainnya dan bisa di produksi di sebuah perusahaan. Dan saya yakin hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan karya tangan orang Indonesia. Justru akan lebih bagus. Dan akan bisa dipasarkan hingga keluar negeri. Dengan tujuan agar orang luar Indonesia mengerti bahwa Indonesia memiliki budaya yang beragam, salah satunya wayang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar